Rabu, 07 November 2012

Mengoptimalkan Hasil Jepretan Kamera Blackberry


Apakah anda sering mengeluhkan hasil jepretan kamera dari ponsel Blackberry anda ? Padahal anda memotret objek menggunakan Blackberry. Kok hasilnya sering kurang memuaskan, ya ? Saran saya, kenali dulu aplikasi kamera pada blackberry agar setiap jepretan anda dengan blackberry lebih special untuk di abadikan dan mari simak Tips yang saya harap dapat membantu anda. Siapa juga sih yang gak tahu Blackberry di jaman teknologi komunikasi ini ?

1.       Camera
Hampir semua jenis Blackberry dilengkapai oleh fitur kamera. Namun disetiap Jenis masin-masing Blackberry mempunyai perbedaan semisal pada fitur digital zoom, ukuran megapixel, fitur lampu flash, auto focus, dan image stabilizer.

2.       Flash
Ada tiga pilihan opsi untuk fitur ini, “Auto”, “On”, dan “Off”.
  • On : lampu flash akan terus menyala disaat anda menjepret bidikan foto.
  • Off : lampu flash tidak aktif
  • Auto : opsi ini akan secara otomatis sesuai suasana pencahayaan
3.       Convenience Key
Melalui tombol khusus Blackberry inilah kamera akan dapat diakses secara instan. Pilih “Camera” – “Menu key” – “Option” – “Convenience Key”, kemudian settinglah untuk fungsi “Camera”.






4.       Auto Focus
 
Terdapa tiga opsi untuk fitur ini, “Continous” untuk memotret objek yang bergerak, “Single Shot” untuk menjepret objek yang diam seperti memotret model gitu, he he he he dan “Off” untuk mematikan sama sekali fungsi Auto Focus di Blackberry anda.











5.       Scene Mode
Fungsi ini mepermudah anda untuk menyesuaikan kebutuhan pemotretan gambar. opsi “Scene Mode” tergantug pada seri blackberry yang anda punya. Seperti : Auto, Face Detection, Sports, Landscape, Potrait, Color Effect, Close Up, Snow, Beach, Night, dan text.   










  
6.     Option
Disini terdapat pilihan tambahan lainnya antara lain,
  •  “Image Stabilization” aktifkan opsi ini agar goncangan yang mengakibatkan gambar buram (blur) ketika anda memotret dapat direduksi.
  •  “Picture Review” opsi yang berfungsi berapa lama gambar jepretan di tampilkan.
  • “Digital Zoom” untuk mengaktifkan fitur zooming pada kamera, karena ini merupakan digital zoom dan bukan lens zoom, maka hasil zooming tidak terlalu baik.
  • “Storage” fitur yang berfungsi untuk tempat media penyimpana hasil jepretan anda nantinya, apakah di “Media Card” (SD Card) atau “On Device (Blackberry Internal Memory). Lebih baik anda memilih opsi “Media Card” agar Device internal Blackberry anda tidak sesak.
  • “Image Size” anda bisa memilih ukuran foto hasil jepretan dengan opsi ini. Antara Large (2560 x 1920), Medium (1024x768) dan small (640x480). Opsi ini sangat menentukan ukuran file jepretan anda.
7.     Menjepret
Nah, fitur “Auto Focus”  perlu diperhatikan, jika fitur ini aktif maka akan menunda waktu capturing, sebaiknya matikan fitur ini jika anda memotre objek saat terjadi dengan cepat, ntar sebel juga kan kalau ketinggalan moment dan kemudian untuk “Digital Zoom”  anda harus memperhatikan pemakaiannya, Karena jika anda menggunakan fitur ini anda akan mendapatkan hasil yang agak kurang baik dari segi kualitas gambar yang pecah. Lebih baik anda usahakan untuk mendekati objek yang yang akan anda jepret.
setelah anda melakukan seting-ngan dan tips yang telah kita bahas di atas, kini anda sudah siap untuk mempraktekan jeprat-jepret  foto dadri Blackberry kesayangan anda.
8.      Sharing hasil Jepretan
Nah, jika hasil jepretan yang anda anggap bagus alias keren, anda bisa kok untuk membagikan atau memamerkannya. Masuk ke Camera – Menu Key – View Pictures – pilih foto yang ingin anda bagikan – Menu Key – Send – tentukan dah mau mamerinnya via E-mail, MMS, Bluetooth, Blackberry Messanger, Facebook, dan Twitter. Sekalian manfaatin teknologi komunikasi juga, he he he he.

Semoga Bermanfaat, Terima kasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar: